Mengenal Lebih Jauh Tentang Sebuah Teluk

Teluk atau kebalikan dari tanjung adalah bagian dari sebuah perairan yang posisinya menjorok ke daratan dan dibatasi oleh daratan pada ketiga sisinya. Oleh karena letaknya yang strategis, teluk banyak dimanfaatkan sebagai pelabuhan. Teluk adalah kebalikan dari tanjung, dan biasanya keduanya dapat ditemukan pada suatu garis pantai yang sama.

Bukan cuma di Indonesia saja kita bisa menjumpai sebuah Teluk, dibeberapa belahan dunia sanah juga banyak sekali teluk-teluk terkenal di antaranya adalah :

Teluk San Francisco di Amerika Serikat.

Teluk San Francisco adalah sebuah estuari dangkal, produktif yang merupakan tempat keluaran dari Sungai Sacramento dan Sungai San Joaquin dari pegunungan Sierra Nevada. Secara teknis, Sungai Sacramento mengalir ke Teluk Suisun, yang mengalir ke Selat Carquinez dan bertemu dengan Sungai Napa di mulut Teluk San Pablo, meskipun begitu teluk-teluk tersebut seringkali ditunjuk sebagai "Teluk San Francisco".

Teluk Guantanamo di Kuba.

adalah sebuah teluk yang berada dalam wilayah Provinsi Guantánamo, sebelah tenggara Kuba, 19°54′N 75°9′W dan merupakan pelabuhan terbesar di selatan pulau. Amerika Serikat menguasai teluk Guantanamo di bawah perjanjian Kuba Amerika tahun 1903. Pemerintah Kuba sekarang menganggap keberadaan AS di teluk Guantanamo adalah ilegal yang berpendapat bahwa perjanjian Kuba Amerika melanggar artikel 52 dari Konvensi Wina tentang Hukum Perjanjian tahun 1969.

Teluk Persia di Jazirah Arab.

Teluk Persia ialah perpanjangan Teluk Oman di antara Jazirah Arab dan Iran. Laut pedalaman seluas 233.000 km² ini dihubungkan dengan Teluk Oman di timur oleh Selat Hormuz, dan akhir baratnya ditandai oleh delta sungai utama Arvand Rood, yang membawa air dari Karun, Eufrat dan Tigris. Luas wilayahnya 241.000 km². Panjangnya ialah 989 kilometer yang menghubungkan terutama Iran dari Arab Saudi dengan pembagi terpendek dari sekitar 56 km di Selat Hormuz.

Panjangnya ialah 1.000 km, dan luas maksimumnya 370 km. Ke selatan, garis pantainya rendah, sedangkan pesisir di bagian Irannya bergunung-gunung. Suhunya tinggi, dan kadar garamnya sekitar 40%, yang diakibatkan penguapan yang lebih tinggi daripada pasokan air segar. Sumber air segar utamanya dari Irak, dengan Arvand Rud, pertemuan Sungai Eufrat, Tigris dan Karun.

Indonesia sendiri juga memiliki banyak sekali teluk besar terkenal seperti:

Teluk Cenderawasih di Irian.

Taman Nasional Teluk Cenderawasih merupakan taman nasional perairan laut terluas di Indonesia, terdiri dari daratan dan pesisir pantai (0,9%), daratan pulau-pulau (3,8%), terumbu karang (5,5%), dan perairan lautan (89,8%).
Taman nasional ini terletak di Teluk Cenderawasih, provinsi Papua Barat. Taman Nasional Teluk Cenderawasih meliputi pulau Mioswaar, Nusrowi, Roon, Rumberpon dan Yoop.

Teluk Jakarta

Teluk Jakarta adalah sebuah teluk di perairan laut Jawa yang terletak di sebelah utara provinsi DKI Jakarta, Indonesia. Di teluk ini, bermuara 13 sungai yang membelah kota Jakarta.

Teluk Jakarta yang luasnya sekitar 514 km2 ini merupakan wilayah perairan dangkal dengan kedalaman rata-rata mencapai 15 meter. Kepulauan Seribu yang terdiri atas 108 pulau adalah gugusan kepulauan yang berada di Teluk Jakarta.

Teluk Tomini di Sulawesi.

Taman Nasional Kepulauan Togean adalah sebuah sebuah taman nasional di Kepulauan Togean yang terletak di Teluk Tomini, Sulawesi Tengah yang diresmikan pada tahun 2004. Secara administrasi wilayah ini berada di Kabupaten Tojo Una-una.

Kepulauan ini dikenal kaya akan terumbu karang dan berbagai biota laut yang langka dan dilindungi. Beberapa aksi wisata yang dapat dilakukan di Kepulauan Togean antara lain: menyelam dan snorkelling di Pulau Kadidiri, memancing ,menjelajah alam hutan yang ada di dalam hutan yang ada di Pulau Malenge, serta mengunjungi gunung Colo di Pulau Una-una. Wisatawan juga bisa mengunjungi pemukiman orang Bajo di Kabalutan.

Dibentuk oleh aktivitas vulkanis, pulau ini ditutupi oleh tumbuh-tumbuhan yang subur dan rimbun, serta dikelilingi oleh formasi bukit karang. Batu karang dan pantai menyediakan tempat bagi beberapa binatang laut untuk tinggal dan berkembang biak, seperti kura-kura hijau.

Teluk Bone, juga di Sulawesi.

Manfaat utama sebuah teluk sendiri adalah sebagai penghubung antara laut & pulau, yaitu tempat berlabuhnya kapal-kapal laut sebagai jalan utama penghubung bagi kapal menuju pulau, kapal dengan ukuran besar tidak dapat berlabuh merapat hingga ketepian pantai. Hal ini disebabkan karena pantai yang dangkal.

Teluk merupakan bagian pantai dengan ombak yang lebih kecil, sehingga kapa dan perahu seperti milik nelayan lah yang bisa berlabuh dengan aman dari terpaan ombak besar.
Next
This is the current newest page
Previous
Next Post »
Thanks for your comment